Friday, August 16, 2019

Pengalaman Berkesan saat Hamil Pertama dan Kedua


Oryza adalah kado ulang tahun pernikahan kami yang kelima. Kebahagiaan membuncah saat tahu aku hamil. Dan kehadiran Fatih merupakan bonus di ulang tahun pernikahan kami yang kesepuluh.

Ada beberapa perbedaan saat hamil Ory dan Fatih: 

Tanda
Hamil Oryza
Hamil Fatih
Awal kehamilan
Pada jadwal mens, keluar pipis warna pink
Pada jadwal mens, tidak ada mens sama sekali
Pemeriksaan awal
Ke dokter umum karena disangka sakit mual-muntah, lalu ke dokter Penyakit Dalam karena gejala tak kunjung sembuh. Di-USG ternyata sudah ada kantong hamil dan titik janin, usia diperkirakan sudah lebih dari satu bulan
Dua kali test pack, hasilnya satu garis merah dan satu garis pink, ragu apakah hamil atau tidak. Lalu ke dokter Iing (DSOG), USG sudah terlihat kantong hamil dan titik janin, usia 5-6 minggu
Perdarahan
Tidak ada
Seminggu setelah periksa pertama, saat pipis kedua kali di pagi hari, keluar darah segar tanpa gumpalan, tidak sakit. Langsung ke DSOG, katanya ada ancaman keguguran, disuruh bed rest, dikasih penguat Allystrenol dan antibiotik Cefixime
Gravidarum
Mual-muntah sejak awal, tapi badan segar, masih bisa pergi-pergi.
Awalnya tidak ada muntah sama sekali, kalaupun ada hanya muntah ringan satu-dua kali dalam sehari. Badan sangat lemas. Di minggu kedelapan, muntah mulai intens bahkan sampai sepuluh kali sehari. Hampir tidak ada makanan yang masuk, hanya Energen atau Cerelac yang bisa masuk.
Ngidam
Tidak ada ngidam sama sekali, hanya cari makanan yang bisa diterima di perut saja. Tidak mau makan pedas, buah yang asam, apalagi rujak.
Tidak suka makanan manis, kadang ingin makanan tertentu, suka makanan pedas, asam, rujak
Kembung
Tidak ada
Mual-muntah sampai bulan kelima, kembung berlanjut entah sampai kapan
Pergerakan janin
Sejak tiga bulan terasa gerakan lembut
Mulai empat bulan ada gerakan, dan nyendul-nyendul terasa sampai kulit perut, mules
Deteksi jenis kelamin
Enam bulan, 1600 gram, perempuan
Empat bulan, 450 gram, laki-laki
Bentuk perut saat hamil
Kecil
Usia lima bulan nampak seperti usia tujuh bulan saat hamil pertama
Usia tujuh bulan
32 minggu: pecah ketuban, harus dilahirkan segera
33 minggu: 2300 gram, posisi kepala sudah di bawah
Masuk usia 9 bulan
--
Perut bagian atas (di bawah payudara) nampak 'kosong', yang isi hanya nampak di bagian bawah saja. Kata mamah dan beberapa ibu tetangga, posisi bayi sudah 'turun'. Ternyata secara medis itu adalah tanda dari berkurangnya produksi ketuban.
HPL
Mid Februari 2014
Sudah lewat HPL. Tadinya mau langsung periksa, tapi dapat nomor 24, pasti malam banget. HPL+1 periksa: tensi 170/110, produksi ketuban berkurang. Langsung panik. Persiapan dulu ke rumah, baru siangnya balik ke klinik.
Melahirkan
Usia 32w: Senin pagi periksa ke klinik, air ketuban sudah sangat berkurang karena pecah duluan, posisi sungsang, kepala dan kaki di atas, pantat di bawah. Harus dirawat, diberi suntikan pematang paru, antibiotik dan induksi. Jam 19 mulai mulas sedikit, pembukaan 3 jam 00, mulas makin intens. Sakit banget seperti mau mens, tapi sangat intens terus-menerus di perut bagian bawah. Akhirnya lahir dengan selamat jam 9 dengan berat 2100 gram dan panjang 40 cm.
Jam 13.30 masuk klinik, tensi masih 170/100, diberi obat oral penurun tekanan darah, dan obat yang disuntik via infusan, terasa panas sampai ke cuping hidung dan ujung telinga, ada tes urine juga. Jam 19 mulai terasa mulas, masih pembukaan 1 sampai jam 1 pagi, mulas makin intens terasa sangat sakit di perut ke arah bokong, seperti ingin BAB. Jam 3 mulai pembukaan 3, sampai akhirnya seperti ingin BAB jam 6.30, lahir dengan divakum. Beratnya 2300 gram, panjang 47 cm.


No comments:

Post a Comment

Galau saat Skincare Highend Ternyata "It Works"

Sebagai emak-emak yang cuma bisa menyisihkan uang dapur untuk beli skincare , tidak ada budget khusus, tidak pernah terpikir untuk icip ...